Selasa, 12 April 2016

Rontgen di Bandung


Rontgen adalah tindakan menggunakan radiasi untuk mengambil gambar bagian dalam dari tubuh seseorang. Utamanya, rontgen digunakan untuk mendiagnosa masalah kesehatan dan yang lainnya untuk pemantauan kondisi kesehatan yang ada (www.docdoc.com).

Sepanjang hidup hingga berumur saat ini, saya sudah beberapa kali melakukan rontgen.. bukan ko, bukan karena saya mengidap penyakit tertentu. Alhamdulillah bukan dan insyaAllah bukan. Hehe. Tapi waktu kecil, kondisi tubuh saya memang yang paling lemah dibandingkan dengan kedua saudara saya. Seingat saya, terakhir saya rontgen adalah kelas 1 SD, dimana saat itu dilakukan rontgen paru-paru. Saya lupa sebabnya apa, tapi Alhamdulillah hasil rontgen menunjukkan hasil yang baik.

Sudah lama sekali tidak rontgen, kemudian di usia yangke 23 tahun, tepatnya tahun 2015 saya melakukan rontgen. Kali ini rontgen kepala. Pada 2016 saya rontgen paru-paru. Tulisan ini dibuat barangkali bisa membantu teman-teman yang sedang mencari informasi atau referensi tempat rontgen di Bandung.

Rontgen kepala saat itu dilakukan karena saya beberapa kali mengalami gejala vertigo. Saya khawatir ada masalah dengan kepala saya, atau berhubungan dengan kejadian jatuh dari motor yang saya alami di tahun 2010 (mengenai vertigo akan saya ceritakan belakangan yaa). Saat itu saya rontgen di Biofit Bandung, jalan Supratman (di sebrang rumah buku). Biaya rontgen disini sebesar Rp. 70.000 untuk satu sisi kepala. Berhubung saya waktu itu rontgen kepala sisi kanan dan kiri, maka saya harus membayar Rp 140.000.

Kemudian setahun kemudian saya rontgen paru-paru (thorax B). Ini adalah syarat masuk kerja di salah satu perusahaan farmasi yang akan saya masuki. Biayanya juga sama, satu sisi paru-paru Rp. 70.000 sehingga kalau 2 sisi totalnya Rp. 140.000. biaya ini tidak termasuk konsultasi dokter yaah (atau udah termasuk ya? Aku lupa). Tapi yang jelas, saat itu setelah mengambil hasil rontgen dan dinyatakan tidak ada masalah, saya sudah bisa pulang. Nah gatau jika ada masalah dengan hasil rontgen apakah ada konsultasi yang diberikan atau tidak.

Apa saja yang dilakukan saat rontgen? Sebelum menjalankan rontgen,seluruh pakaian atas yang kita kenakan harus dibuka, termasuk underware dan ganti dengan baju yang telah disediakan. Bajunya itu seperti baju jubah terusan, mirip seperti baju khusus ke ruang operasi di rumah sakit. Jilbab boleh dipakai, tapi aneka maca bros, peniti atau jarum harus dilepas. Kucir rambut kalo ada bahan besi juga harus dilepas. Jadi saranku kalo mau rontgen, kita prepare aja pake pakaian yang gampang dan tidak menggunakan terlalu banyak benda yang ada kandungan besinya,jadi biar gampang hehe.

Setelah itu kita diminta berdiri di tempat yang disediakan, di belakang nya seperti ada layar kotak kecil dan besi. Besi itu berfungsi sebagai penyangga dagu yang bisa diatur tinggi rendahnya, jadi ketika di rontgen, dagu kita letakkan disini. Setelah itu ikuti petunjuk petugas rontgen. Kalo disuruh geser kiri dikit, yaa geser.. kanan dikit yaa geser kanan hehe. setelah itu proses rontgen pun dimulai.

Proses rontgen terbilang sebentar. Kayaknya ga nyampe 2 menit deh. Bentar banget kan? Setelah itu ganti baju dan pulang. Hasil rontgen bisa diambil keesokan harinya, atau jika rontgen dilakukan pagi, hasil bisa diambil siang harinya.

Semoga bermanfaat ya.
delapanaprilduaribuenambelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar