Selasa, 29 Maret 2016

Raacha Suki & Barbeque – Halal MUI

Awalnya aku pikir ini adalah restoran Jepang, karena ada kata “suki” yang aku pikir adalah “sukiyaki” dari Jepang. Tapi belakangan aku tahu, kalo ini restoran Thailand. Outletnya di Bandung yang aku tahu, ada di Ciwalk dan di daerah Setiabudhi. Tapi aku belum pernah makan yang di Setiabudhi.

Jika makan di Raacha ini, di depan akan ditanya berapa orang, kemudian karyawan tersebut akan bertanya pada temannya yang bertugas di dalam meja nomor berapa yang bisa digunakan untuk sekian orang. 

Disini sistemnya self service. Di dekat pintu sudah ada banyaak sekali makanan yang bisa kita pilih. Disediakan pula nampan, wadah dengan ukuran yang sama dan capitan. Kita tinggal pilih makanan yang tersedia di depan kita dan memasukkannya ke dalam wadah yang kita punya. Jadi tidak ada pesan makanan ke waiter atau menulis pesanan di kertas. Hehe. Ada puluhan macam makanan yang disediakan disana dan lengkap. Mulai dari aneka daging (daging diiris tipis dan sudah dikasih bumbu pilihan : salty, sweet dan spicy), aneka sayur (tofu, jamur, brokoli, kembang tahu dan lain-lain), ada juga aneka cemilan tap mengenyangkan (bakso daging, bakso ikan, bakso goreng, bakso udang dan aneka bakso lainnya, olahan udang, ikan, cumi sampe gurita).

Hati-hati dalam memilih makanan. Disini kadang kita suka kalap. Gimana engga, lagi laper terus kita harus milih dan ambil sendiri berbagai makanan yang ditampilkan di display. Kadang suka ga kerasa, ambil satu-satu-satu, lama-lama jadi banyak! Mikirnya cuma ini kecil, ini aja, sama ini hahha. Seriusan. Berkali-kali aku kesana, berkali-kali aku kekenyangan sampe gabisa napas karena kebanyakan makanan yang diambil. Setelah itu aku bertekad ga akan se-khilaf itu kalo ke Raacha lagi, tapi entah kenapa kejadian it uterus berulang lagi dan lagi hhaa..

Di Raacha, kita bisa ambil minuman sendiri juga. Udah disediakan kayak tabung besar gitu, ada kerannya. Masing-masing tabung berisi jenis minuman yang berbeda, ada thai tea, greentea dll. Kita juga bisa atur jumah batu esnya. Kalo mau minumnya banyak yaa jangan masukin batu es banyak-banyak ke gelas hehe. Di dekat kasir, ada waiter yang bertanya apakah kita ingin pakai nasi. Kalau mau, dia yang akan menyediakannya di dalam mangkuk kecil.

Setelah melakukan pembayaran, ada waiter lagi yang menginformasikan ke kita nomor meja. Jadi kita cari sendiri mejanya hahaha .

Nah ini yang seru. Tadi kan kita udah pilih berbagai makanan. Makanan yang kita pilih itu masih mentah, setengah mentah dan ada yang sudah matang. Pilihan pengolahannya hanya ada dua : direbus atau dibakar. Di setiap meja akan disediakan minimal satu panci imut berisi kuah yang sudah dibumbui dan yang di bawahnya ada kompor kecil dengan api yang menyala dan ada satu alat bakar. Kita bebas berkreasi disana. Kalo biasanya kita duduk tinggal makan, nah ini kita harus masak sendiri dulu di meja hehe.

Disini juga disediakan aneka bumbu, mulai dari bawang putih yang sudah ditumbuk, sauce, aneka kecap dan masih banyak lagi. Kita bisa ambil secukupnya dan bisa dicampur  sesuka hati di masakan kita .

Kalo mau kesini, kita perlu merogoh kocek yang agak dalam hehe (untuk ukuran dompetku nih ya hehe). Tapi sebenarnya menurutku sih harganya standard an worth it lah. Kayak daging dihargai 21rb an, aneka sayuran 15rb an. Ada juga paket komplit (kalo ga salah 27rb an). Apa yang bikin kita perlu merogoh kocek yang dalam? Kalap. Iya,laper mata haha. Itu yang bikin kita harus bayar mahal. Apalagi kalo temen atau kita lihat pengunjung lain ngambil makanan di nampan. Biasanya kita suka kebawa juga (ini serius). Terus untuk aneka cemilan tuh yang biking a kerasa. Harganya sekitar 6000an sebiji. Kadang kan kita mikir ambil ah cuma satu, nyobain.. atau mikir6000an ini lah murah..terus liat yang lain menggiurkan, rasanya pengen segala dicoba akhirnya ambil sampe 5 lebih. Terus di kasir kita kaget, ko cuma ambil dikit tapi mahal banget? Udah gitu, ini makanan suka nipu kadang-kadang. Bentuknya sih kecil yaa, tapi bikin kenyang. Makanya aku bilang, aku selalu kekenyangan gabisa napas kalo kesini hahhaa..

Meski begitu, aku ga pernah bosan makan disini. Selain emang makanannya enak, bersih, kita bebas pilih, dan unik aja gitu ada sensasi masak sendiri di atas meja heheh. Dan yang terpenting resto ini sudah mendapat sertifikat halal MUI. insyaAllah makannya juga tenang kan hehe .

FYI
Raacha Suki & Barbeque
Cihampelas Walk (sejajar dengan mushola)
Harga 50rb s/d 60rb (porsi wajar, sudah sama minum), 80rb s/d 110rb (porsi kalap laper mata, sudah sama minum).


*semua gambar diambil dari google*


duapuluhsembilanmaretduaribuenambelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar