Jumat, 29 Juli 2011

TAIJIN KYOFUSHO

Tiba-tiba saya ingin posting tugas abnormal ini..
*rasanya senang sekali saat itu, ketika aku nyari-nyari culute bpund syndrom (penyakit budaya terikat), setelah berlama-lama searching di google, akhirnya dapet juga sumber dan infonya yang lumayan lengkap. Dan untuk pertama kalinya selama 3 tahun berkuliah, saya baru sekali ini baca jurnal luar negeri. Parah banget yaa ketinggalannya ahaha..

Taijin Kyofuso (TKS) telah dikategorikan sebagai 'penyakit budaya terikat'yang unik dari wilayah Timur, meskipun pandangan alternatif menyatakan bahwa beberapa pasien TKS dikonseptualisasikan sebagai bentuk gangguan kecemasan sosial (SAD). TKS merupakan jenis khusus dari kecemasan sosial atau jenis fobia di Jepang. Hal ini dilihat sebagai rasa takut yang sangat terhadap tubuhnya, bagian atau fungsi, tidak menyenangkan, mempermalukan atau menghina orang lain dalam penampilan, bau, ekspresi wajah, atau gerakan. Taijin kyofusho, berpusat pada keprihatinan tentang orang lain serta merasa malu dengan kehadiran seseorang, bukan memalukan diri sendiri di hadapan orang lain. TKS diyakini muncul dari sejarah masa kecil inhibisi sosial dan rasa malu. Gangguan tersebut tiba-tiba dapat mengikuti pengalaman stres atau memalukan dalam perjalanan seumur hidup dari gangguan yang biasanya terjadi secara kontinum. Diagnosis psikiatri ditentukan dalam DSM-IV. Biasanya didiagnosis pada masa remaja atau awal masa dewasa, taijin kyofusho mempengaruhi 10-20% dari penduduk Jepang. Data klinis menunjukkan bahwa lebih banyak pria memiliki kondisi tersebut daripada wanita meskipun fakta bahwa wanita dinilai lebih tinggi pada skala fobia sosial dan memiliki nilai lebih tinggi dalam hal malu daripada rekan-rekan pria mereka.

Gejala Taijin Kyofusho
Seseorang dapat didiagnosis dengan Taijin Kyofusho (TKS), jika mereka merasa seolah-olah sikap, perilaku, dan karakteristik fisik tidak memadai dalam situasi sosial. Sebagai hasil dari perasaan ini, mereka juga mengalami penderitaan terus-menerus dalam bentuk gangguan emosi melalui rasa malu, malu, kecemasan, ketakutan, dan perasaan tegang lain ketika berhadapan dengan situasi sosial. Selain itu, individu juga khawatir karena tidak mampu mempertahankan hubungan yang sehat dengan orang lain. Ketika datang ke bersosialisasi, penderita TKS menghindari situasi sosial dan interpersonal yang menyakitkan, sekaligus menjadi enggan untuk melakukannya.

Dalam sistem diagnostik resmi Jepang, Taijin Kyofusho dibagi ke dalam kategori berikut:

* Sekimen-kyofu: phobia pipi merah (merona)
* Shubo-kyofu: phobia dari tubuh cacat (mirip dengan gangguan dismorfik tubuh)
* Jikoshisen-kyofu: phobia kontak mata
* Jikoshu-kyofu: phobia bau badan, bau badan dirasa busuk (mirip dengan sindrom referensi penciuman)
 

Pengobatan psikologis bagi TKS mencakup unsur-unsur umum untuk terapi perilaku kognitif, termasuk pelatihan relaksasi, desensitisasi sistematis, restrukturisasi kognitif, latihan, dan pelatihan keterampilan. Selain itu dapat ditangani juga dengan pemberian obat. Sebuah tinjauan dilakukan dari 48 pasien TKS awalnya diobati dengan serotonin reuptake inhibitor (SRI) dalam pengaturan rawat jalan sebuah rumah sakit Jepang. Diagnosis psikiatri ditentukan menurut DSM-IV, dan satu set kriteria diagnostik TKS didasarkan pada modifikasi DSM-IV kriteria SAD(social anxiety disorder). Selain itu TKS juga dapat ditangani dengan terapi moritha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar