Kamis, 03 Juli 2014

Floating market - Lembang

Well, ini perginya udah lama. Kalo ga salah awal Mei pas hari libur tanggal 1. Udah lama aku denger kalo ada Floating Market di daerah Lembang, Jawa Barat. Pas iseng ajakin keluarga ternyata pada mau. Ya udah deh kita cuuuss kesana sekeluarga hehe.
Lokasinya sendiri kalo dari Bandung, kalo kata aku sih ga terlalu jauh yaa. Setidaknya ga sejauh tangkuban perahu atau Ciwidey hehe. Dari daerah Setiabudhi Bandung itu terus aja sampe ketemu pasar Lembang. Nah lokasi floating market ini persis di belakang Grand Hotel Lembang. Tapi karena dari arah Bandung ke belakang hotel itu jalannya searah jadi kita terpaksa harus muter dulu dehh..
Oke singkat cerita sampe lah kami di floating market. Di depan biasa ditagih tiket masuk per orangnya 10rb, cukup murah sih yaa apalagi tiket masuk ini bisa dituker sama welcome drink di dalem nanti. Area parkir juga cukup luas, pas kami dateng saat itu masih jam 11an jadi area parkir belum terlalu padet.

Begitu masuk, ada beberapa tempat penukaran welcome drink dengan tiket masuk tadi. Pilihan welcome drinknya kalo ga salah ada 4, yaitu cokelat, milo, teh dan kopi. Semuanya disajikan dalam keadaan panas. Untuk start awal yang tuker tiket baru aku dan ayah karena yang lain belum terlalu haus dan di dalem juga ada penukaran welcome drink lagi jadi tukerinnya ntar aja di dalem biar ga usah ribet2 bawa.
Begitu masuk kami disambut dengan pemandangan seperti ini.. Waaah agak supprise juga soalnya ga nyangka kalo ternyata areanya luas juga, daaaan yang paling aku suka adalah rapih banget bangett. Selain rapi juga bersih, jarang nih nemuin lokasi wisata yang ciamik gini hehehe.

santai di sisi danau
tampak atas
aku gatau apa maksudnya balon di pohon-pohon ini



suka sama tempatnya yang bersih dan rapi
Selama kurang lebih setengah jam kami masih menikmati pemdangan dan suasana sekitar. Ini belum masuk ke area floating marketnya loh. Di sepanjang mata memandang ada danau buatan yang cukup luas. Di beberapa bagian BANYAK BANGET disediain kursi atau tempat duduk. Jadi ga perlu khawatir susah cari tempat duduk hehe. Selain itu di sepanjang jalan, ada beberapa outlet yang jual beraneka barang mulai dari baju, pernak pernik kayak gantungan kunci dan souvenir lainnya. Kebanyakan souvenir disini bukan bertuliskan floating market lembang, tapi floating market thailand. Loh koo? mungkin karena floating market cukup terkenal di Thailand yaa.
berbagai souvenir yang dijual
Belum puas sih liat-liat sama foto tapi hari udah makin siang dan kami mulai kelaparan. Akhirnya kami pun bergerak ke lokasi floating market. Naah untuk berbelanja disini, kita harus tuker uang dulu dengan koin. Koin ini punya beberapa pecahan mulai dari 5rb sampe 50rb. Nah belanja disini yang berlaku adalah koin-koin ini jadi kita harus tukerin rupiah kita dulu..
contoh koin pecahan 10rb an
Awalnya aku pikir, floating market disini selain kita beli makanan dan minuman di atas perahu, kita juga makan di atas perahu. Ternyata engga. Di pinggir danau penuh dengan perahu-perahu dan para pedagang jualan makanan/minuman mereka di atas perahu. Tapi kita yang beli ga ikutan naik, cuma berdiri di pinggir. Kalo makanannya udah dapet, ya kita makan di sebrangnya, ada tempat makan, banyak kursi dan meja yang disediain tapi ga di atas perahu, ga di atas air. Makanan yang dijual disini banyak bangett, kebanyakan adalah makanan tradisional. Harganya cukup terjangkau untuk ukuran tempat wisata gini, sekitar 10-30rb. Kebanyakan harganya 20rb seporsi. Oiya di dekat sini juga ada tempat penukaran tiket masuk dengan welcome drink loh, jadi bisa dituker disini deh ga perlu jalan jauh ke depan dulu hehe.


beberapa pedagang di perahu rakyat
Di area danau juga ada beberapa permainan air yang ditawarkan. Mulai dari bebek-bebekan sampe naik perahu yang jalannya barengan (apa namanya yah). Nah kalo naik permainan ini nih yang harganya lumayan mahal menurut aku hehe.Sekitar 30-75rb an per orang (kalo ga salah). Aku sama Dila pengen naik sepeda air, tapiiii pas kami pesen tiket kata yang jaga counter, kami harus tunggu lebih dari 1 jam karena antriannya penuh. Ya ampyunn kaga jadi dehh.

 aneka permainan air
ketemu Dede haha
Selesai makan, jam menunjukkan pukul setengah 3an. Tiba-tiba aja mendung dan hujaann ! Kaget lah karena ujannya mendadak dangdut gini. Akhirnya kami neduh dulu di depan sebuah resto yang masih di area deket danau. Hujannya deres banget, ada lah sekitar setengah jam an. Itu pun belum berhenti banget tapi udah agak reda, jadi kami memutuskan untuk menerjang hujan yang masih rintik-rintik haha. Rupanya disini tuh hampir tiap hari ujan kali ya, ada banyak yang jualan ponco plastik gitu. Ukurannya juga ada yang ukuran anak-anak dan dewasa hehe lucu yah.
 tiba-tiba ujan langsung deres
Sekian cerita ke floating market hari ini. Hmm menurut aku sih walaupun masih tergolong tempat wisata baru, masih sekitar 1tahunan tapi tempat ini recommended deh buat didatengin. Dari segi lokasi ga terlalu jauh, fasilitas oke, bersih, rapih, pemandangan bagus, harga terjangkau dan jangan takut ga kebagian parkir karena area parkirnya cukup luass. Tapi aku saranin sih jam 10 atau 11 udah ada di lokasi yaa. Namanya juga lembang, di atas jam 2 biasanya hujan. hehe.
ada dua mushola nyaman disini loh, jarang banget nemu tempat kayak gini
tapi sayang tempat wudhu cewe nya terbuka banget
 kostum petugas kebersihannya natural banget, serasa di desa :')
 
Udah puas jalan-jalan, saatnya pulang. Pas mau pulang, ada banyak rombongan yang baru pada dateng. Yaa ampuuun ternyata ramenya jam 4 ke atas yaa hahaha padahal kayaknya lebih enak dateng pas hari masih terang deh hehe.

Cheers.
satujuliduaribuempatbelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar