Minggu, 01 Juni 2014

more than a journey - Umrah 2014

Hari Ketujuh.
Bangun pagi, tenggorokan ga enak bangeet. Kayak-kayak mau batuk gitu deh, perih dan serek gimanaa gitu. Bener kan firasat aku kemaren tuh hmmm.. yaa Allah berikan kesehatan aamiin. ternyata bukan aku doang yang tenggorokannya bermasalah, ibu-ibu sekamar, ayah dan temen sekamarnya, bahkan banyak temen-temen di rombongan juga pada ngeluh sakit tenggorokan. Yaa memang kemaren itu rasanya puncak cape banget dan kami memaksakan padahal kondisi udah ga terlalu fit. Tapi aku ga nyesel sama sekali karena insyaAllah aku yakin Allah pasti bakal kasih kami kesehatan dan kekuatan.

Hari ini agendanya city tour ke Jeddah. Rencananya kami akan ke Kornes (gini bukan tulisannya?) kornes itu adalah pusat oleh-oleh yang ada di Kota Jeddah. Disana ternyata tuh kayak banyak toko dari yang kecil sampe yang lumayan gede. Oiya, disini tuh ada toko namanya Ali Murah dan tulisan di pintunya apa cobaa? Wilujeung Sumping dan pramuniaga yang nyambut kami di depan pintu ngomong, “Kadieu heula”. Ajegilee lancar banget haha. Terus disini juga ada Bakso Mang Oedin hahaha ya ampun berasa bukan di negeri orang ini sih wkwk. Belanja disini tuh ga terlalu nyaman soalnya rame banget. penuh, soalnya 5 bus dijadiin satu kan. Terus pas di luarnya banyak yang nawarin jam tangan gitu, kayak di gazibu hehe. Nah selesai dari sini, kami dibawa ke mesjid terapung di Laut Merah. Kenapa dibilang mesjid terapung, karena mesjid ini tuh di bawahnya ada tiang-tiang penyangga gitu jadi kalo air lagi pasang, keliatannya mesjid ini kayak terapung hehe. Nah laut merah ini adalah laut dimana Nabi Musa membelah lautan dengan tongkatnya dan tempat dimana Fir’aun dan pasukannya tenggelam.

sama Bu Yuli di pasar kornes, Jeddah

kiri-kanan : Bu Entin, Bu Etty, aku. Mesjid terapung, Laut Merah
Selain solat, disini kami juga makan. Disini lumayan rame dan kayaknya tempat ini emang didesain jadi salah satu tempat objek wisata juga soalnya kalo kita masuk, dari depan itu kanan kirinya banyak kayak bangunan lucu-lucu buat anak-anak gitu, jadi katanya tempat ini tuh lumayan rame kalo hari libur soalnya banyak penduduk sini yang dateng kalo hari libur.
Hari ini sebenarnya kami dikasih kesempatan bagi yang mau ambil umroh ketiga. Tapi sebagian besar dari kami, termasuk ayah dan aku ga ngambil karena mempertimbangkan kondisi badan dan waktu. Kondisi badan udah lumayan tepar, ditambah nanti malem harus thawaf wada’ dan nanti malem itu juga batas pengumpulan koper. Jadi kami harus packing. Akhirnya sesampainya di hotel kami langsung packing barang dan sebelum tahawaf wada’, semua koper udah ready di depan kamar masing-masing. Berat koper aku dan ayah masing-masing 21,5.
Thawaf wada’. Sedih ya, harus ngelakuin ini. Hmm.. awalnya sih belum kerasa sedihnya yaa.. bahkan saat setelah wada’dan solat sunnah pun sebagian besar pada nangis, aku nya ga ngeluarin air mata setetes pun. Tapi aku langsung mewek pas ayah rangkul pundak aku dan bilang, “udah selesai..” huwaaaa itu langsung merinding dan entah kenapa air mata langsung ngucur. Aku tatap ka’bah lama-lama makin sedih. Pelukan sama ibu-ibu tambah sedih. Pas beranjak, aku liat lagi Ka’bah. Yaa Allah semoga ini bukan kali terakhir aku melihat Baitullah. Berikan aku kesempatan lagi untuk menginjakkan kaki ke masjidil haram ini, berikan aku kesempatan lagi untuk menatap Ka’bah MU dan berikan aku kesempatan lagi untuk bersujud di depannya, di depan Ka’bah Mu, yaa Allah, izinkan aku berdoa lagi di depan multazam, izinkan yaa Allah, izinkan.. aamiin yaa Robbal ‘alaamiin. Aku pergi bahkan dengan mata yang masih basah, sesekali di jalan masih sesegukan. Malu sih, yang lain udah pada beres nangis, tapiii da gimana ga mau berhenti nangisnyaa L
----------------
Hari Kedelapan
Hari Senin, tanggal 15 April 2014. Jam 2, pagi buta udah bangun untuk siap-siap. Yaa kami akan berangkat ke bandara pagi-pagi sekali sebelum subuh sekitar jam 3 waktu Mekkah kalau tidak salah kami ngumpul di lobby hotel bersiap akan pulang. Yang aku rasain waktu itu cuma ngantuk dan masih agak cape hehe. Pas bus mulai bergerak sekitar setengah 4an aku baru mulai menyadari kalo kami akan pulang ke Indonesia, meninggalkan kota Mekkah dan segala hiruk pikuknya. Mekkah adalah kota yang tidak pernah tidur, terutama di masjidil haram. Jam berapapun kita kesana, akan selalu dipenuhi ratusan bahkan ribuan orang, terutama di bagian Ka’bah nya. Semua orang seolah berburu pahala dan berlomba mencari ridho Allah. Tidak peduli jam berapa pun itu. Aku sendiri merasa ibadah yang kulakukan disini masih belum ada apa-apanya dibandingkan mereka, masih banyak waktu yang kulewatkan tanpa solat di mesjid, bahkan aku belum sempat melakukan thawaf sunnah L semoga bisa secepatnya kembali beribadah di tanah haramMu lagi, yaa Allah.. aamiin.
Bus terus bergerak menyusuri kota Mekkah. Sedih rasanya. Bangunan-bangunan khas Mekkah, yang bertetangga dengan gunung-gunung batu. Pemandangan ini tidak akan aku lupakan dan insyaAllah aku akan mengunjungi kota ini lagi, aamiin yaa Allah, aamiin yaa Robbal ‘alaamiin.
Rasa kantuk semakin menjadi, aku pun tertidur pulas. Sesekali terbangun dan kemudian tidur lagi. Sampailah kami di Jeddah, di Bandara King Abdul Aziz sekitar jam 7an. Rasanya baru kemarin kami menginjakkan kaki di bandara ini, di hari kedatangan kami yang pertama di negeri Arab. Tapi sekarang kami harus kesini lagi untuk kembali ke tanah air. Waktu seolah berputar, teringat jelas bagaimana rasanya waktu hari pertama datang itu, aku begitu sumringah. Sangat sangat senang karena aku telah berada disini dan bertekad bahwa setiap langkah yang aku jalani disini haruslah bernilai ibadah, bagaimanapun caranya. Aku melihat tenda-tenda khas bandara King Abdul Aziz, ingat hari pertama kemarin aku sangat takjub melihat design nya dan meminta ayah untuk berfoto.
Disini kami menunggu, di bangku biru yang dulu juga kami duduki saat menunggu bus. Sekarang kami duduk disini menunggu sampai masuk ke dalam bandara. Sambil menunggu, aku dan ayah melihat sebuah toko. Namanya Al Musbah, namanya mengingatkan aku sama almarhum Lik Ibah, karena namanya Misbah. Toko ini belum kami masuki sebelumnya jadi aku dan ayah masuk kesana. Disana aku cuma beli cokelat. Kemudian saat kembali ke kursi biru, Bu Etty dan Bu Entin ngajak aku kesana lagi, katanya mereka juga pengen liat hehe.
bandara King Abdul Aziz, Jeddah
Tak lama setelah itu kami masuk ke dalam bandara, di bandara kami sibak sibuk menjalani serangkaian step pemeriksaan seperti biasa dan ngantri check in panjang banget mana harus berlima-berlima lagi, ga kayak waktu berangkat hheu. Oiya ada yang berbeda disini, pas pemeriksaan diri, antara wanita dan pria dipisah. Jadi yang cewe diperiksa sama yang petugas cewe lagi, di dalam sebuah lorong tertutup gitu. Nah kalo yang cowo sih kebuka aja kayak biasa. Setelah itu kami menunggu di ruang tunggu. Kami pindah sampe 2 ruang tunggu. Di masing-masing ruang tunggu ada toko terbuka gitu di dalemnya, namanya Al Musbah juga. Lumayanlah buat cuci mata daripada bengong aja bosen hehe. Apalagi Dila pesen makanan ngedadak jadi akhirnya nyari seadanya yang ada disini aja. Di toko Al Musbah yang ketiga ini ga sengaja nemu pajangan zam zam tower pesenan ibu hehe alhamdulillah.
Waktunya naik pesawat. Pesawat delay. Harusnya berangkat jam 12 waktu Jeddah tapi baru berada di pesawat jam 1.45. Ini tuh rasanyaa, seneng ga seneng hahaha. Yaa Allah, jika aku meninggalkan tanah haramMu tidak berarti aku tidak mencintaiMu dan tidak berarti aku lebih memilih yang lain. Ijinkan aku kembali lagi ke tanah haramMu yaa Allah, aamiin.
Ini kayaknya pesawat yang sama yang kami naikin dulu deh cuma dengan cabin crew yang berbeda*ya iya laah hehehe* Begitu pesawat take off aku langsung tidur ngantuk luar biasa ditambah ga enak badan kayaknya soalnya kerasa dingin banget dan batuk batuk juga. aku liat yang lain juga gitu, ya ampun ini sih namanya batuk dan tepar massal ya hahaha.
Perjalanan pulang tidak se excited perjalanan ketika berangkat. Ini karena tepar, aku hampir sepanjang jalan tidur. Hehehe..
Sekitar jam setengah 3an waktu Indonesia, kami sampai di Bandara Soetta. Alhamdulillah yaa Allah, kami sampai ke tanah air dengan selamat. Welcome to Indonesia ! Setelah ngantri bagasi, jam 4an semua proses selesai, kami nunggu di luar untuk nunggu bus. Waktu subuh sudah tiba, jadi kami solat dulu di bandara. Cukup lama nunggu disini, ada pengisian lembar evaluasi, pembagian sertifikat dan buku alumni juga. Isinya panduan engkap umroh dan biodata jamaah. Kenapa ga dibagiinnya sebelum berangkat ya jadi kan bisa dipelajari dulu -__-“
Setelah menunggu cukup lama, sekitar jam setengah 6 an kalo ga salah, bus pun datang dan kami berangkat menuju Bandung. Di tol km 39 sekitar jam 8an kalo ga salah, kami berhenti dulu untuk makan di RM Sederhana. Rupanya pihak travel udah kerjasama sama pihak rumah makan jadi kami tinggal makan kemudian melanjutkan perjalanan ke bandung lagi.
Sekitar jam 10an kami sampai di pusdai. ALHAMDULILLAH. Dilepas di tempat yang sama dan kembali pada tempat yang sama. Begitu masuk parkiran ada tulisan selamat datang gitu.huhu sedih. Yaa Allah, pas ngeliat pusdai tuh inget waktu pas mau berangkat disini, ngantri nametag sambil kesel karena lama, pas masuk mesjid inget solat dan berdoa bareng sebelum berangkat dan inget saat berangkat dilepas sama ibu, kak anis, Dila dan Deffi :)
Begitu turun dari bus udah banyak keluarga jamaah yang nunggu, termasuk ibu dan kak Anis yang menyambut aku dan ayah. Langsung salaman sama ibu dan Kak Anis. Alhamdulillah. Sebelum pulang ke keluarga masing-masing, kami solat dhuha dulu di mesjid, sujud syukur, besyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah Ia berikan pada kami, atas kelancaran ibadah, atas keselamatan dan nikmat sehat yang masih kami rasakan. Alhamdulillah yaa Allah. Setelah itu ada kata pengantar gitu, sambutan gitu deh. Setelah itu kami salaman satu per satu, yang ibu-ibu saling berpelukan. Aku pelukan sama ibu-ibu sekamar. Bu Entin, Bu Etty dan Bu Yuli. Mereka adalah ibu-ibu yang baik, yang udah nemenin hari-hari aku selama di Madinah dan Mekkah. InsyaAllah aku ga akan lupa sama mereka. Jadi inget sama Bu Etty waktu di Madinah pernah bilang, “Neng ntar kalo nikah jangan lupa sama ibu. Jangan lupa undang yaa..” terus si Bu Etty langsung nyuruh aku catet alamat rumahnya buat kirim undangan nikahan. Yaa ampunnn lucu deh, tapi terharu hihi. Inget juga pas kami sama-sama berjuang untuk menembus lautan manusia demi bisa solat di belakang Hijr Ismail dan mencium Ka’bah. Inget pas pelukan habis berdoa di depan Ka’bah. Inget kalo pas nyape hotel selalu pa cari-cari kunci, taunya kuncinya dibawa sama satu orang atau ketuker sama kamar lain hahaha ya ampun rempong. Inget pas packing koper, kita sekamar bahkan sama kamar ayah juga ikutan riweuh packing karena koper yang dibawa beratnya ga boleh lebih dari 20 kilo hahhaah terus kita sibuk pada nimbang-nimbang, sampe pinjem timbangan kamar lain wkwk. Aduh banyak banget kenangannya.. Aku ga akan lupa.
Dadah temen-temen rombongan Dago Wisata,rombongan umroh 7-15 April 2014. Semoga kita diberikan Allah kesempatan lagi untuk kembali beribadah di Mesjidil Haram dan Mesjid Nabawi, bisa kembali menjalankan umroh dan diberikan kesempatan untuk berhaji. Aamiin yaa Robbal ‘alaamiin.
Habis salam-salaman, kami pun nyari koper masing-masing, pembagian air zam-zam dan menemui keluarga masing –maasing. Saatnya pulang.
Yaa Allah, terimakasih atas segala nikmat yang Kau berikan padaKU, semoga apa-apa yang aku alami selama umroh ini selalu aku ingat, agar menjadi hal yang selalu aku syukuri, agar menjadi pelajaran bagiku. Yaa Allah terimalah ibadah Umroh kami, jadikan umroh kami sebagai umroh yang mabrur dan mabruroh, jadikan perjalanan ini bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat kami dan jagalah hubungan silaturahim ini. Aamiin yaa Robbal ‘alaamiin. Yaa Allah, berilah kesempatan pada orang-orang muslim dan muslimah yang belum pernah menginjakkan kakinya di tanah haramMu, agar bisa beribadah di depan Ka’bahMu, merasakan kenikmatan luar biasa yang kami rasakan. Dan berikanlah kesempatan pada kami, yang sudah pernah ke tanah haramMu untuk dapat kembali beribadah di Baitullah dan Masjid Nabawi dan kembali mengulang kembali kenikmatan yang kami rasakan kini. Aamiin yaa Robbal ‘alaamiin.
-------------
Saatnya menjalani kehidupan normal seperti biasa, kehidupan yang mungkin tidak seindah saat umroh tapi kehidupan yang insyaAllah lebih berkah, lebih diridhoi Allah. Karena satu hal yang aku belajar dari perjalanan ini, betapa banyak nikmat yang sudah Allah berikan, yang kita tidak akan bisa hitung satu per satu. Maka pantaskah kita mengingkarinya? Tugas kita adalah mencari ridhoNya, karena tujuan hidup ini tidak lain adalah mencapai keridhoanNya. Setiap langkah harus bernilai ibadah.
---------------------
Ini sudah hampir seminggu tapi masih suka keingetan, kebayang-bayang suasana pas umroh. Kalo liat jam suka mikir, eh kalo di Mekkah sekarang jam berapa yaa.. terus suka mikir biasanya jam-jam segini tuh aku lagi ngapain, lagi solat di mesjid, lagi makan, atau lagi jalan dan lain lain. Dua minggu setelah umroh, bisa dibilang di setiap tidur aku selalu mimpi disana. Yang lagi solatlah, yang lagi duduk di mesjid lah, yang lagi sekedar jalan di pelataran mesjid lah, pokoknya mimpi disana aja. Segitu kangennya apa ya aku sama Mekkah-Madinah, segitu terhipnotisnyaa. Tapi ini serius. Aku seperti menjalani dua kehidupan. Satu kehidupan normal di Indonesia saat aku terjaga, dan satu kehidupan disana saat aku tidur. Paling yang ga mimpi itu pas waktu itu pernah sekali aku tidur siang, itu ga mimpi disana. Tapi selebihnya mimpi, tanpa terkecuali. Memasuki minggu ketiga, mimpinya mulai bolong-bolong, kadang mimpi kadang engga. Mulai sedih juga, kenapa ga dikasih mimpi itu lagi sama Allah ya :( kalo mimpi itu tiap hari aku mau banget yaa Allah :(
Mungkin banyak yang bilang aku lebay. Aku juga dulu mikir gitu, pas ibu baru pulang dari Mekkah dan hampir tiap hari ngomong soal kegiatan disana plus liat-liat foto selama disana. Terus sering bilang pengen banget kesana lagi. Aku pikir, “sampe segitunya yaa..” Mungkin Allah negur aku biar aku ga sompral dan sekarang aku bener-bener ngerasain itu. Hmm. Mungkin jika nanti aku ke London, kota obsesiku selama ini, aku tentu tidak akan menemukan pengalaman seindah ini. Mungkin ini cara Allah mengingatkanku, menggiring aku dengan cara yang begitu smooth, begitu lembut, bahwa tidak ada negeri lain seindah tanah haramMu.