Jumat, 14 April 2017

Mohon Jangan Solat di Belakang

Kalo kita lagi solat di luar, entah itu di mesjid atau moshola di pusat perbelanjaan, biasanya kita akan menemukan ada orang-orang yang memilih orang untuk solat di bagian belakang. Sebenarnya sih ini tidak apa-apa, kita bebas milih dimana kita akan solat. Tapi alangkah lebih baik jika di depan (di bagian kita sujud) kita letakkan benda (entah itu tas, tempat mukena dll). kenapa? Karena ini akan sangat membantu bagi orang-orang yang mau lewat di depan kita. Seperti yang kita tahu, ada hadist yang menyebutkan bahwa kita tidak diperkenankan lewat di depan orang yang sedang solat. Berikut hadistnya :

Andaikan seseorang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya dari pada lewat” (HR. Al Bukhari 510, Muslim 507).
Meski disini larangannya udah cukup jelas, tapi tetap saja sehari-hari banyak kita liat orang yang lewat di depan orang yang solat. Kebanyakan dari mereka buru-buru, tidak punya waktu untuk menunggu hingga orang solat tsb selesai, sebagian lain karena tidak tau. Aku pernah mengalami keduanya, pernah di posisi tidak tau hadist ini (udah denger lama tapi tapi aku pikir kalo buru-buru mahbgapapa. Ternyata pemikiran itu salah. Ternyata, mau buru-buru kayak apa juga lebih baik nuggu, bahkan hingga 40 tahun.


Tapi aku akui, kadang kita bisa menunggu, kadang ga sabar, kadang kepepet pengennya cepet. Kalau begini gimana? Cari celah untuk lewat di belakang mereka atau di bagian lain yang ga melewati mereka yang sedang solat. Jika kita udah usaha cari jalan di belakang atau di bagian lain yang ga melewati orang solat tapi ga nemu, letakkan sesuatu di depan mereka misalnya tas kita atau benda lain supaya kita bisa lewat. kalau yang kita taro itu tas kita yaa pas udah lewat, jangan lupa ambil kembali tas kita hehehe. Nah untuk memudahkan orang lain agar tidak berdosa saat lewat di depan orang solat, maka buat kita yang lagi solat baiknya sih membantu dengan meletakkan beda di depannya untuk menjadi pembatas antara yang sedang solat dengan yang lewat. 


Berikut ini beberapa saran agar solat kita lebih khusyu dan memudahkan orang lain saat kita solat :
1. Solatlah di bagian depan. Apalagi kalo tempat solat wanitanya luas. Selama bagian depan masih kosong dan ada tempat, kenapa harus milih bagian belakang? Pertama, agar solat kita lebih khusyu. Kalo solat di belakang, bakal banyak orang yang lalu lalang di sekeliling kita (baik di depan atau samping), ada juga orang ngaca habis solat, benerin kerudung,  touch up make up, istirahat, main hp dsb. Jadi ketika kita solat di belakang, biasanya kita berdekatan dengan orang-orang tsb. Ga mungkin kan mereka beraktivitas demikian di bagian depan hehehe.  Kadang, sambil solat kita bisa sambil nguping cerita 2 orang sahabat yang lain rumpi di deket kita. ehhe. ga khusyuk kan jadinya. Kedua, memudahkan orang untuk lewat. Kalo kita solatnya di bagian belakang, orang bakal bingung mau lewat mana, kan ada kita yang solat. Lewat di belakangnya ga mungkin soalnya kan..

 
2. Cari tempat solat yang depannya tiang. Well kalo kita tetep gamau solat di bagian depan, maka solatlah di belakang tiang mesjd atau kotak amal. Ini buat memudahkan orang lewat di depan kita.


3. Kalo gamau solat di bagian depan dan ga nemu tiang atau kotak amal, tapi kita tetep mau solat di bagian belakang, gimana? Letakkan benda di depan kita solat. Misalnya tas, buku, tempat mukena dll. Selain untuk memudahkan orang yang lewat di depan kita, ini juga untuk menjaga keamanan barang-barang yang kita bawa selama solat. Tindak kejahatan bisa terjadi dimana aja, bahkan di mesjid guys. Ga semua orang ke mesjid hanya untuk beribadah, sebagian kecil orang ke mesjid dengan niat kurang baik. Karenanya kita yang harus hati-hati.
Demikian beberapa langkah yang bisa diambil saat kita solat di mesjid. Saling membantu dan memudahkan orang lain itu mudah, salah satunya dengan membantu orang orang terhindar dari dosa ;)
sembilanjuliduaributujuhbelas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar